DERETAN UNIVERSITAS TERBAIK DI CHINA

Pernah dengar pepatah mengenai ‘kejarlah ilmu sampai ke negeri China’? Pepatah itu memang benar adanya dan bermaksud bahwa kalau misalnya ada kesempatan untuk bisa menimba  ilmu ke jenjang yang lebih tinggi, gapailah apalagi jika harus menimba ilmu di luar negeri. Karena batasan dalam menuntut ilmu itu tak terhingga, Nabi pun memerintahkan umatnya untuk menuntut ilmu setinggi mungkin hingga ke tempat yang jauh.

Nah salah satu tempat untuk kamu yang ingin menuntut ilmu diluar negeri yaitu negara China, kenapa China? Karena memang China merupakan negara yang sangat maju begitupun dengan kualitas pendidikannya yang sangat baik. Kita bakalan kasih tau kalian deretan Universitas terbaik di China, penasaran gak? Simak ya!

1.Peking University

Peking University

Di urutan pertama ada Peking University yang diklaim sebagai universitas terbaik di China. Disini kamu bisa menemukan beberapa jurusan dari ilmu sosial, teknik, kedokteran hingga manajemen. Dosen yang mengajar disini juga bukan dosen sembarangan dimana terdiri dari beberapa anggota seperti dari CAS atau Academy of Sciences, CAE atau Chinese Academy of Engineering. Peking University juga menjadi universitas tertua karena sudah ada sejak 1898, berlokasi di Beijing dan menjadi tempat untuk penelitian berbagai bidang di dunia.

2.Tsinghua University

Tsinghua University

Salah satu universitas lainnya yang terkenal di Beijing yaitu Tsinghua University yang sudah ada sejak 1911. Kampus ini memiliki 19 fakultas dan memiliki lebih dari 30.000 mahasiswa. Mereka pun memiliki mahasiswa internasional sebanyak lebih dari 2.000. Tsinghua memiliki 34 program studi sarjana mencakup dari teknik, ilmu informasi, komunikasi dan arsitektur. Karena menjadi universitas terbaik, gak heran jika kampus ini sudah bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi alumninya. Bangunan dari kampus ini pun megah dan besar.

3.Zhejiang University

Zhejiang University

Selanjutnya ada Zhejiang University yang berlokasi di Kota Hangzhou dan sudah berdiri sejak 1897. Kampus ini menerima mahasiswa beasiswa sarjana maupun pascasarjana dengan beberapa pilihan program studi. Kampus ini hampir sama dengan ITB dimana berfokus kepada penegmabangan ilmu Sains dan Teknologi. Tapi dibalik itu ada juga program untuk ilmu ekonomi, seni, dan pendidikan. Zhejiang University pun sudah ditunjuk sebagai percontohan pendidikan di Jerman dengan sudah bekerja sama dengan negara-negara hebat lainnya. Dosen yang mengajar disini pun kebanyakan professor-profesor hebat yang ahli di setiap bidangnya dan memiliki lebih dari 20 ribu mahasiswa.

4.Fudan University

Fudan University

Fudan University yang sudah berdiri sejak 1905 merupakan salah satu Universitas Nasional terbaik di China tepatnya berlokasi di Shanghai. Fudan menjadi kampus bergengsi di China dan terkenal karena memiliki mahasiswa internasional terbanyak. Program yang ditawarkannya juga sangat beragam dimulai dari sarjana hingga pasca sarjana, Master of Finance, DBA, EMBA dan MBA. Kampus ini memiliki beberapa jurusan dengan wilayah kampus yang berbeda terbesar di Shanghai dan Jiangwan.

5.Shanghai Jiao Tong University

Shanghai Jiao Tong University

Berdiri sejak tahun 1896 dan merupakan kampus tertua  yang memiliki 29 fakultas dengan jumlah lebih dari 40.000 mahasiswa. Lagi-lagi terdapat juga mahasiswa internasiona dari program sarjana hingga pascasarjananya. Kampus ini juga sering mendapatkan beberapa penghargaan karena memiliki mahasiswa-mahasiswa yang hebat dimulai dari teknik, manajemen, ekonomi dan hukum. Pengajar disini adalah tenaga yang sangat professional sehingga kampus ini sangat selektif dalam menerima mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *