Universitas Negeri Islam Terbaik Indonesia

Kini semakin banyak jurusan yang bisa kita ambil untuk menempuh pendidikan, salah satu di antaranya adalah pendidikan agama Islam. Ternyata pada jurusan ini bukan hanya akan mendalami mengenai islam, namun juga berbagai nilai moral yang berdasarkan pandangan Islam. Tentunya ini menjadi sebuah kelebihan tersendiri, di mana bisa membantu dalam meningkatkan intelektualitas dalam bekerja serta memiliki moral yang lebih baik lagi.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi Universitas Islam terbaik yang bisa menjadi pilihan di Indonesia.

Rekomendasi Perguruan Tinggi Islam Negeri Terbaik

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Yang pertama kami bahas ada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, sebuah universitas yang tentunya berlokasi di kota kembang, Bandung. Universitas ini sudah didirikan sejak tahun 1968 dan berubah menjadi UIN sejak tahun 2005.

Secara 3 tahun berturut, universitas ini berhasil untuk mendapatkan skor tertinggi pada Kinerja dan Publikasi Ilmiah dari Science dan Technology Index. Selain mahasiswa lokal, ternyata mereka juga kerap kali menarik mahasiswa dari luar Indonesia, seperti misalnya Malaysia, Thailand, dan Sudan.

Beberapa fakultas yang ada di kampus ini adalah Fakultas Adab & Humaniora, Fakultas Dakwah & Komunikasi, sampai Fakultas Syariah & Hukum.

2. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yang kedua ada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, sebuah Universitas yang sudah sangat populer di Surabaya. Universitas ini sendiri memiliki bangunan yang indah dan menjadi daya tarik tersendiri. Seperti sebelumnya, pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya juga kerap kali menarik mahasiswa dari luar negeri untuk menimba ilmu di universitas ini.

Beberapa fakultas yang ada di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, seperti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, serta Fakultas Syariah dan Hukum.

3. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Rekomendasi berikutnya ada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, sebuah universitas  yang berhasil menduduki peringkat ke 78 dalam skala nasional. Visi misi dari kampus ini adalah untuk bisa menjadi universitas tingkat dunia. Mereka mendukung visi ini dengan menerapkan konsep pembelajaran dengan memperhatikan kecakapan bahasa, seperti bahasa Arab dan Inggris.

Beberapa fakultas yang ada di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan, Fakultas Syariah, dan Fakultas Humaniora.

4. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar

Keempat ada Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar, sebuah Universitas yang namanya diambil dari raja kesultanan Gowa pertama yang memeluk Islam dan mengubah Islam menjadi agama kerajaan. Perkembangan yang ada di Universitas membuatnya menjadi universitas negeri peringkat 137 yang ada di Indonesia.

Beberapa fakultas yang ada di Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar adalah Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

5. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Terakhir yang kami rekomendasikan adalah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, sebuah universitas yang awalnya merupakan fakultas cabang dari IAIN Ar-RAniry Banda Aceh. Tetapi karena keinginan warga Medan untuk bisa memiliki perguruan tinggi Islam yang tinggi, akhirnya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara berdiri.

Beberapa fakultas yang ada di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara seperti Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ushuludin dan Studi Islam, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Nah, itulah beberapa Universitas terbaik yang ada di Indonesia. Tertarik untuk mendaftar risalah satunya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *