Universitas Menerima Mahasiswa dengan Nilai UTBK

Jika gagal untuk masuk ke perguruan tinggi favorit melalui UTBK, nilai yang diperoleh masih bisa dimanfaatkan, loh. Sertifikat yang memiliki nilai tersebut dapat diunduh dan bisa dimanfaatkan. Manfaatkan nilai ini untuk mendaftar kuliah dengan jalur mandiri, baik itu PTN atau perguruan tinggi swasta.

Terdapat sejumlah universitas swasta di Indonesia yang membuka jalur penerimaan mahasiswa basis nilai UTBK. Berikut ini adalah beberapa universitas yang membuka jalur UTBK.

Universitas Terima Nilai UTBK

1.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Untuk mendaftar ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan memanfaatkan nilai UTBK, maka dapat mencoba di tanggal 17 Agustus 2020 – 11 September 2020. Ditegaskan kalau pendaftaran sewaktu-waktu akan ditutup kalau kuota sudah penuh. Biaya pendaftarannya sendiri sebesar Rp245.000 dan ada banyak fakultas yang ditawarkan oleh UMY, seperti Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Isipol, Fakultas Pendidikan Bahasa, Fakultas Pertanian,  Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik Program Vokasi.

2. Universitas Trisakti Universitas

Berikutnya ada Universitas Trisakti, mereka juga menerima mahasiswa baru dengan nilai UTBK. Pendaftarannya sendiri dapat dilakukan secara Online dan pengumuman mahasiswa yang diterima akan dilakukan pada setiap Senin sampai di akhir bulan Agustus 2020.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi jika ingin mendaftar ke Universitas Trisakti melalui nilai UTBK.

a.Pendaftaran secara Online

b.Tidak membayar uang pendaftaran

c.Boleh Mendaftar 4 pilihan rodi

d.Berlaku untuk siswa yang berada di kelas 12 SMK/A sederajat, atau lulusan 1 tahun sebelumnya.

e. Seleksi berdasarkan nilai UTBK dan proporsinya ditentukan oleh masing-masing fakultas

f.Hasil diterima atau tidak diumumkan pada setiap Minggu, sesuai dengan data masuk setiap fakultas dan disesuaikan dengan prioritas pilihan

g.khusus untuk FK dan FKG terdapat seleksi tahap 2

3.Telkom University

Pendaftaran jalur UTBK di Telkom University akan ditutup pada tanggal 28 Agustus 2020 dan dibuka untuk siswa/siswi yang sudah mengikuti UTBK 2020. Hanya perlu untuk gunakan nilai UTBK sebagai persyaratan dari seleksi di jalur ini. Sedangkan pada biaya pendaftaran, dibutuhkan biaya sebesar Rp200.000.

4. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto membuka pendaftaran pada jalur UTBK dan jika tertarik masih dapat mendaftar hingga 30 September 2020 secara Online. Hanya memberikan kesempatan pada lulusan SMA/K atau sederajat untuk tahun 2020, 2019, dan 2018. Ada 48 program studi di kampus ini dan penerimaan berdasar kepada kuota dari setiap program studi. Biaya pendaftaran yang dibutuhkan adalah sebesar Rp200.000.

5.Universitas Islam Sultan Agung

Terakhir ada Universitas Islam Sultan Agung yang turut menerima mahasiswa baru dengan menggunakan seleksi nilai UTBK. Pendaftarannya sendiri masih berlangsung hingga tanggal 31 Agustus 2020 nanti, jadi jika berminat silahkan coba mendaftar di universitas ini. Silahkan lakukan pendaftaran Online dengan melalui http://pmb.unissula.ac.od. Biaya pendaftaran yang dibutuhkan adalah sebesar Rp250.000.

Nah, itulah beberapa universitas yang menerima mahasiswa baru dengan nilai UTBK. Sehingga Anda yang sudah berusaha keras di UTBK dan gagal tidak terlalu kecewa, masih ada kesempatan di kampus lain yang bisa menerima nilai Anda. Selain itu meski merupakan Perguruan Tinggi Swasta, kampus yang kami sebutkan di atas merupakan universitas terbaik yang tentunya tidak kalah dengan universitas negeri, bahkan beberapa di antaranya dapat dikatakan memiliki fasilitas yang terbaik.

Itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga Anda bisa diterima di universitas terbaik pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *