Universitas di Indonesia dengan Jurusan Pertanian Terbaik

Indonesia merupakan sebuah negara agraris yang cocok untuk dikembangkan oleh para penerus bangsa dalam bidang pertanian. Namun, kalau tidak dikembangkan dengan baik, mungkin semakin sulit kita melihat petani makmur. Itu sebabnya dibutuhkan para sarjana pertanian untuk mengabdi dalam mengembangkan kemajuan pertanian di Indonesia.

Ada banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurusan pertanian. Jenjang karier yang dimiliki jurusan ini pun sangatlah luas, Anda dapat bekerja di lembaga pemerintahan, atau menjadi seorang konsultan bahkan wirausahawan.

Berikut ini adalah beberapa universitas jurusan pertanian terbaik yang ada di Indonesia.

Kampus dengan Jurusan Pertanian Terbaik

1.Universitas Andalas – Unand

Yang pertama ada Universitas Andalas, sebuah universitas yang menjadi pilihan menarik banyak mahasiswa. Pada kampus ini terdapat jurusan Teknik Pertanian di Fakultas Teknologi Pertaniannya dan sudah terakreditasi A.

Di dalam jurusan ini Anda akan menemukan mata kuliah yang berhubungan dengan teknik dan teknologi, seperti misalnya sistem robotik untuk bioproduksi, Agroklimatologi Dasar, Manajemen Agroindustri, Ilmu Ukur Wilayah, dan masih banyak lainnya yang dapat dipelajari mengenai pertanian di kampus satu ini.

2.Universitas Gadjah Mada – UGM

Yang kedua ada Universitas Gadjah Mada, sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang sudah menjadi favorit banyak mahasiswa baik di Yogyakarta maupun di Indonesia. Di UGM ada 5 jurusan kuliah pada bidang pertanian yang mereka tawaekan, semuanya sudah terkareditasi A.

Jurusan yang dapat dipilih antara lain ada Jurusan Teknologi Pangandan Hasil Pertanian, Jurusan Teknik Pertanian, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, dan Jurusan Teknologi Industri Pertanian.

Jadi jika ingin mengambil universitas ini, tentukan terlebih dahulu tertarik pada Fakultas Pertanian atau Fakultas Teknologi Pertanian.

Untuk biaya dari UGM cukup bervariasi, bisa dari jutaan rupiah saja hingga puluhan juta persemesternya. Tapi jangan khawatir, karena di UGM banyak menawarkan beasiswa yang bisa meringankan pengeluaran mahasiswanya.

3.Universitas Padjadjaran – Unpad

Berikutnya ada Universitas terfavorit dari Bandung, yaitu Universitas padjadjaran atau Unpad. Perguruan Tinggi satu ini pun memiliki jurusan pertanian terbaik di Indonesia.

Bahkan akreditasi dari jurusan tersebut sudah mendapatkan A. Ada beberapa mata kuliah penting di dalam Fakultas Teknologi Industri Pertanian, seperti misalnya Teknik Penanganan Hasil Petanian, Teknik Bioproses, Teknik Informasi Spasial, dan Perbengkelan Pertanian.

4.Institut Pertanian Bogor – IPB

Keempat ada Institut Pertanian Bogor yang menawarkan jurusan Teknologi Industri yang sudah terakreditasi A. Banyak alumni dari IPB yang membaur pada masyarakat dan berhasil mengembangkan banyak sektor di Indonesia.

Beberapa mata kuliah yang mereka tawarkan ada Mikrobiologi Industri, Teknologi Industri, dan masih banyak lainnya.

Selain mendapatkan teorinya, Anda akan langsung diminta untuk praktik secara langsung agar bisa langsung mengaplikasikan teori yang sudah dipelajari meski hanya pratikum di laboratorium.

5.Universitas Brawijaya – UB

Terakhir yang akan kami bahas adalah universitas Brawijaya, mereka memiliki Fakultas Teknologi Pertanian yang menawarkan jurusan Teknologi Industri Pertanian dan juga Jurusan teknik Pertanian. Keduanya pun sudah memiliki akreditasi A dengan kualitas yang tidak perlu lagi untuk diragukan.

Lalu apa saja yang bsia dipelajari di universitas yang ada di Malang ini? Bukan hanya mengenai pertanian saja, karena Anda juga akan dilibatkan langsung dengan pratikum juga kuliah di lapangan.

Nah, itulah beberapa universitas dengan jurusan pertanian terbaik. Dari 5 universitas di atas, adakah yang menarik minatmu untuk mengambil jurusan pertanian di sana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *