Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat DKV, merupakan jurusan yang akhir – akhir ini kerap kali menjadi jurusan pilihan para mahasiswa baru. Hal ini dikarenakan hampir setiap bidang dan industri masa kini membutuhkan keahlian dari seorang Desainer Grafis. Jadi jangan heran anak muda banyak yang memilih Jurusan DKV.

Untuk itu banyak yang menginginkah mengambil jurusan DKV di universitas – universitas terbaik yang menawarkan jurusan ini. Berikut ini ada beberapa universitas yang memiliki jurusan DKV terfavorit.

Jurusan DKV terfavorit

1.Institut Teknologi Bandung – ITB

DKV di ITB berada pada fakultas Seni Rupa dan Desain. Ketika sudah melalui mata kuliah dasar komunikasi visual, di semester 6, para mahasiswa DKV ITB akan dijuruskan ke 3 jalur minat program studi. Yaitu ada Komunikasi Grafis, Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.

Mahasiswa DKV di ITB kerap kali mengikuti lomba – lomba nasional dan berhasil mendapatkan juara. Mereka juga dikenal sebagai PTN yang sudah menghasilkan banyak sekali lulusan yang kreatif. Jadi jangan heran untuk bisa masuk sebagai mahasiswa DKV di ITB itu sulit.

2.Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Secara historis, DKV yang ada di ISI Yogyakarta ini berasal dari pusat pendidikan seni rupa tertua di Indonesia, yaitu ASRI Yogyakarta. Jadi jangan heran jika universitas satu ini menghasilkab banyak sekali seniman besar.

Jurusan DKV yang berada di ISI berada di bawah fakultas Seni Rupa. Sebelum masuk ke jurusan ini di ISI, kamu harus dinyatakan tidak buta warna oleh dokter spesialis. Hal ini merupakan ketentuan khusus di ISI Yogyakarta.

3.Universitas Sebelas Maret

Pada awalnya jurusan DKV yang ada di UNS memiliki dana Desain Grafis di tahun 1979. Tapi di tahun 2012, namanya diubah menjadi DKV UNS dan fokus pada pengembangan kegiatan komunikasi yang berbasis visual di dalam berbagai media.

Misalnya seperti media cetak, media luar ruang, media elektronik, media dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, baik statis atau bergerak. Banyak program studi di UNS yang menyelenggarakan event internasional.

4.Universitas Negeri Semarang

Unnes memiliki jurusan DKV yang berada di bawah jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa, dan Seni. DKV Unnes kerap kali mengadakan kompetisi yang memiliki tujuan untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari agar menjadi lebih bermanfaat.

Seperti didorong untuk membuat karya yang dapat dipakai oleh usaha kecil menengaj, jadi dipastikan pembelajaran yang mereka lakukan akan sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Hal unik lainnya yang bisa didapatkan dari kampus ini adalah mereka memiliki acara “DKV Award” yang setiap tahunnya mendorong kreativitas mahasiswa jurusan seni rupa.

5.Universitas Negeri Makassar

Di Universitas Negeri Makassar, jurusan DKV di sini disusun berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang basisnya kebutuhan berbagai pihak yang terutama berhubungan dengan produk dan jasa.

Lulusan jurusan DKV yang ada di UNM diharapkan bisa memiliki kompetensi akadamik dan kompetensi  profesional yang baik pada bidang ilmu DKV ini.

Sumber kreativitas dari DKV UNM masih sangat berhubungan dengan kekayaan alam dan juga budaya Indonesia Timur.

Nah, itulah beberapa universitas di Indonesia yang memiliki jurusan DKV terbaik. Dari kelima Universitas tersebut, manakah yang menjadi pilihan kamu? Semoga kamu bisa masuk ke Universitas yang dituju.

Kami harap informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang dicari. Terima kasih!

By author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *