Pernahkah kamu mendengar tentang Universitas Pertahanan Indonesia?

Universitas Pertahanan Indonesia merupkaan perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi, dan juga pendidikan prodesi dibidang pertahanan dan bela negara, setara dengan Magister  atau S-2. Tujuannya adalah untuk melaksanakan pembangunan serta pengembangan yang orientasinya ada pada Tri Dharma perguruan tinggi sehingga dapat mencapai standar pendidikan nasional dan juga universitas yang berstandar kelas dunia.

Didirikan sesuai dengan ketentuan yang ada mengenai pendirian Unhan. Universitas yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini merupakan pendidikan tinggi yang dapat dikatakan cukup unik. Hal ini karena mereka mengkhususkan diri pada studi pertahanan yang setara dengan strata 2. Kampus yang biasa disebut Unhan ini memberi kesempatan kepada mereka yang perwitas TNI dan sipil agar dapat memperdalam ilmu pertahanan dari beragam sudut.

Unhan memiliki 2 fakultas dengan 9 proram studi, yaitu sebagai berikut ini :

a.Seolah Pascasarjana Strategi Pertanahan

Untuk satu ini, ada 4 Prodi. Yaitu Program Studi Magister Strategi Perang Semesta, Program Studi Magister Peperangan Asimetrik, Program Studi Magister Damai dan Resolusi, dan Program Studi Magister Diplomasi Pertahanan.

b.Sekolah Pascasarjana Manajemen Pertahanan

Lalu dalam sini ada Program Studi Magister Managemen Pertahanan, Program Studi Magister managemen bencana untuk keamanan nasional, Program Studi Magister Ketahanan Energi Untuk Keamanan Nasional, dan Program Studi Magister Keamanan Maritim.

Lalu ada fasilitas apa saja yang ada di Universitas ini? Terdapat pastinya ruang kelas yang nyaman untuk para mahasiswa dengan nyaman belajar. Ada sarana olahraga bagi mahasiswa yang gemar melatih tubuh. Perpustakaan yang memiliki beragam koleksi buku yang bisa mahasiswa manfaatkan untuk mengerjakan tugas – tugas mereka. Mereka juga memiliki E-Library, jadi semakin banyak saja buku yang bisa diakses.

Perguruan Tinggi ini telah mengantongi akreditasi A dan sudah masuk kedalam Universitas terbaik ke-9 di dunia. Untuk tenaga pegajarnya bukan sembarang orang dan tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, tapi mereka juga memiliki banyak dosen yang berasal dari luar negeri/

Untuk bisa masuk ke Universitas ini, biasanya calon peserta harus melalui proses seleksi. Mulai dari tes TPA, TOEFL, tes psikologi, sampai wawancara.

Selama proses pendaftaran, UNHAN tidak akan memungut biaya pendaftaran, alias gratis. UNHAN juga membebaskan biaya pendidikan kuliah selama mahasiswa menempuh pendidikan disana. Universitas ini akan memberikan beasiswa full yang turut menganggung Asrama, Makan 3 kali sehari, buku – buku perpustakaan, pakaian dinas, uang saku, uang penelitian tesis, kuliah kerja dalam negeri, sampai biata kerja luar negeri juga akan sepenuhnya ditanggung.

Berikut ini adalah syarat pendaftaran UNHAN bagi calon peserta umum :

a.Merupakan warga negara Indonesia yang memiliki Identitas diri

b.Memiliki ijazah dan juga transkip nilai S1 minimal dengan IPK 3.00 atau 2.75(sarjana teknik) dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi minimal B dan untuk lulusan luar negeri ijazah harus ada penyetaraan dari Dikti.

Itulah beberaopa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Universitas Pertahanan. Jika tertarik bisa langsung mencoba untuk mendaftar, ya. Jangan sia – siakan kesempatan yang ada. Tapi jika belum yakin, coba cari kampus lain yang lebih memenuhi minat dan bakat kamu, ya!

Semoga apa yang kamu pilih nantinya merupakan yang terbaik untuk kamu ke depannya, semangat dalam terus menempuh pendidikan tinggi yang terbaik!

By author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *