Tertarik Masuk UNJ? Ini Jurusan yang Paling Diminati!

Universitas Negeri Jakarta, sebuah kampus negeri yang setiap tahun peminatnya semakin meningkat. Namun, banyak orang yang bingung ingin masuk ke jurusan apa ketika memilih kampus ini untuk melanjutkan pendidikan mereka. Pasalnya hampir semua jurusan yang ada di UNJ merupakan jurusan terbaik untuk para mahasiswa.

Berikut ini adalah beberapa jurusan yang paling diperebutkan di UNJ.

Jurusan Paling Diminati UNJ

1.Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNJ dikenal dengan lulusannya yang rata-rata menjadi guru handal. Kamu tertarik untuk mengajar anak kecil? Suka dengan kegiatan mengajari adik untuk mengerjakan tugasnya? Bisa jadi kamu akan cocok dengan jurusan yang satu ini. Terlebih lagi guru merupakan pekerjaan yang memiliki prospek bagus kedepannya. Itu karena guru bisa mendapatkan banyak tunjangan dari pemerintah, seperti adanya tunjangan keluarga dan juga tunjangan pensiun.

2.Manajemen

Manajemen sudah pasti menjadi jurusan yang dituju oleh banyak mahasiswa, bahkan pada SBMPTN banyak siswa yang mengambil jurusan ini. Itu karena Manajemen memiliki prospek kerja yang luas. Manajemen akan mengajarkan cara mencapai tujuan dengan cara yang lebih efektif dan juga efisien. Lulusan manajemen juga bisa memilih untuk menggunakan ilmu yang didapatkan untuk bekerja dengan orang lain atau membuka usahanya sendiri.

3.Akuntansi

Tujuan dari akuntansi andalah untuk melaporkan suatu aktivitas keuangan secara akurat agar nantinya bisa digunakan oleh para manajer untuk mengambil kebijakan dan juga hal lainnya. Laporan keuangan itu bisa berupa neraca lajur, laporan perubahan modal setiap tahun, hingga laporan laba rugi. Para lulusan akuntansi umumnya bekerja sebagai akuntan pada perusahaan atau di akuntan publik.

4.Pendidikan Matematika

Meskipun banyak orang yang mengatakan kalau tidak menyukai pelajaran matematika, nyatanya Pendidikan Matematika menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di UNJ. Jurusan ini akan mengajarkan para mahasiswa untuk memahami keterampilan sebagai seorang guru matematika, psikologi siswa, dan manajemen pendidikan.

5.Psikologi

Seperti pada umumnya, di UNJ para mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan menekankan aspek pada tingkah laku manusia, perwatakan, kebiasaan orang, karakter, dan masih banyak lainnya. Bisa dikatakan kalau ilmu ini akan mempelajari mengenai perilaku serta fungsi mental di dalam perilaku individu ataupun kelompok. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai HRD, psikolog, atau bahkan tenaga medis.

6.Matematika

Berbeda dengan jurusan Pendidikan Matematika, karena pada jurusan ini para lulusannya tidak akan menjadi guru. Jurusan ini lebih menekankan kepada bagaimana cara merumuskan masalah di dalam model matematika. Lulusan dari jurusan ini umumnya bekerja di perusahaan bank, peneliti, atau bahkan dosen.

7.Kimia

Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari mengenai interaksi dari materi antar zat, reaksi kimia, biokimia, dan juga struktur zat. Lulusan dari jurusan ini umumnya bisa bekerja untuk perusahaan makanan, obat, peneliti, atau mungkin melakukan wirausaha.

8.Pendidikan Biologi

Terakhir yang akan kami bahas adalah jurusan Pendidikan Biologi yang akan mengajarkan para mahasiswa untuk menjadi guru yang handal. Para mahasiswa akan dibekali dengan ilmu biologi dan ilmu mengajar sebagai seorang guru, seperti memahami psikologi siswa, manajemen pendidikan, dan banyak lainnya. Lulusan dari jurusan ini pada umumnya berkarier sebagai guru di sekolah.

Nah, itulah beberapa jurusan yang paling diminati di Universitas Negeri Jakarta. Dari 8 jurusan yang sudah kami jabarkan, adakah jurusan yang berhasil menarik minatmu? Jika ada, semangat! Semoga kamu diterima pada jurusan pilihan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *