Untar merupakan salah satu universitas swasta terbaik dan tertua yang ada di Jakarta. Universitas ini memiliki nama yang berasal dari kerajaan Tarumanagara. Berdiri pada tanggal 1 Oktober 1959 dan ditandai dengan berdirinya Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara yang hingga kini masih menjadi salah satu perguruan managemen terbaik. Universitas ini berada dibawah naungan Yayasan Tarumanagara yang telah berdiri pada tanggal 18 Juni 1959.

Kampus ini memiliki 3 kampus, yaitu di jalan S Parman No 1, Kampus 2 yang ada di Jl.Tanjung Duren Utara No 1, dan Kampus 3 yang berada di Jl. TB Simatupang, Jakarta.

Lalu bagaimana sejarah dari UNTAR ini? Berikut ulasan ringkasnya.

Sejarah UNTAR

Awalnya pemikiran untuk mendirkan Perguruan Tinggi telah dicetuskan pada tahun 1957 oleh sekelompok sosiawan yang ada pada lingkungan perhimpunan Sosial Candra Naya, pada saat ini masih bernama Sin Ming Hui.

Diprakasai oleh Drs. Kwee Hwat Djien, saat tanggal 18 Juni 1959 akhirnya mereka bersepakat untuk mendirikan yayasan yang mereka beri nama Yayasan Tarumanagara. Nama Universitas diusulkan oleh P.K Ojong melalui rapat yayasan pada tanggal 3 Juli 1959, dan didukung oleh Moh. Said.

Nama ini diambil dari nama kerajaan yang pernah berdiri di daerah Jawa Barat di abad ke VI, berdiri di bawah pemerintahan Raja Purnawarman dan pernah menjadi masa Jaya. Kerajaan ini juga meninggalkan beberapa prasasti yang tersebar ke berbagai daerah yang ada di Jawa, Jakarta juga termasuk ke dalamnya.

 Banyak orang yang ikut andil dalam pendirian yayasan ini, mereka juga bukan tokoh yang main – main. Setelah berdirinya yayasan, lalu disusun pengurus yayasan pertama. Ketuanya adalah Drs. Kwee Hwat Djien dengan wakil ketuanya R. Supangat, Prawieokoesomo, SH Drs.Lo Kiem Tjing. Penulis Drs. Domingus Sakarias Matakupan dan wakil penulisya Drs. Kho Han Tiong. Ada pula bendahara yaitu Hazil Tanzil dan wakil bendaharanya Drs. Tjhio Jan Seng. Serta para pembantu lainnya yang menjalankan Yayasan ini.

Yayasan ini memiliki tujuan, yaitu untuk “Mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan, pengajaran, dan kenudayaan dalam masyarakat, dengan berpedoman pada pembentukan manusia Indonesia yang pandai dan berbudi luhur”

Yayasn ini mendirikan Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara pada tahun 1959, bertempat di gedung Candra Naya, Jl.Gajah Mada nomor 188. Perguruan Tinggi ini dipimpin oleh Drs. Kho Oen Bik yang merupakan Dekan, dan Drs. Lo Kiem Tjing yang merupakan wakilnya.

Lalu pada tanggal 3 Februari 1960 rapat kembali dilanjutkan untuk membahas rencana pendidikan sekolah teknik. Ir. Ong Tjing Jong ditunjuk sebagai panitia persiapan untuk dibangunnya sekolah teknik. Akhirnya pada 1 oktober 1962 berdirilah sekolah teknik Jurusan Arsitektur. Kini jurusan ini menjadi jurusan Teknik Arsitektur swasta tertua yang ada di Indonesia.

Namun sebagai kosekuensi dari mahasiswa untuk menegakkan orde baru, perkuliahan tidaklah berjalan dengan semestinya. Banyak mahasiswanya yang harus dengan berat hati disalurkan ke Fakultas Sastra, Universitas Indonesia.

Pada tahun 1967 adalah tahun dimana awal kebangkitan dari UNTAR lagi, saat itu diresmikannya penggunaan kampus yang ada di jalan S Parman dengan upacara yang cukuplah meriah. Bahkan kegiatannya diliput oleh TV Nasional TVRI.

Lalu sejak itu UNTAR terus berkembang dan terus menjadi perguruan tinggi yang baik hingga kini. Sudah banyak juga Fakultas yang ada di UNTAR, jadi semakin banyak pilihan bagi mereka yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di kampus ternama ini.

By author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *