Sepertinya baru kemarin kita masuk sekolah menengah atas, namun kini sudah dihadapkan dengan SBMPTN yang sudah di depan mata. Ini sudah menjadi tanda kita harus siap ujian dan tentunya ujian ini haruslah dipersiapkan dari jauh – jauh hari. Jangan sampai biasakan untuk belajar h-1 ujian.

Berikut ini kami memiliki beberapa tips untuk kamu yang ingin memenangkan pertarungan di SBMPTN. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipersiapkan sebelum mengikuti SBMPTN!

Hal yang Dipersiapkan Sebelum SBMPTN

1.Persiapkan Mental

Pertama pastikan mentalmu sudah siap! Ini sangatlah penting, karena jika tidak siap mental kamu, maka nanti bisa saja kamu kaget melihat soal – soal yang sebelumnya belum pernah dipelajari. Jika kita fokus, maka persiapan ujian yang sudah kita persiapkan sebelumnya tidak akan buyar begitu saja. Semua memiliki peluang untuk lolos SBMPTN, jadi jangan panik dan takut ketika sedang ujian.

2.Menentukan Jurusan

Tentukan jurusan apa yang ingin kamu pilih. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih jurusan, yaitu kemampuan diri, personality, dan juga Passion. Seperti misalnya kamu suka berjualan namun masih merasa kurang dalam marketing, bisa ambil managemen pemasaran.

Jangan dengarkan apa kata orang tentang jurusan apa yang sebaiknya kamu ambil, karena kamulah yang tahu apa yang terbaik.

3. Tentukan Tujuan Kampus

Setelah tahu jurusan apa yang diinginkan, selektiflah dalam memilih kampus tujuan. Pilih kampus yang diinginkan dan sesuai dengan yang akan mendukung cita – cita kamu ke depannya. Jangan pilih kampus karena terkenal atau karena teman – teman memilih kampus tersebut. Kamulah yang akan menjalaninya, tujuan setiap orang berbeda, jadi cobalah untuk masuki kampus sesuai dengan kata hatimu.

4.Menentukan Urutan Pilihan

Tentukan prioritas kampus mana yang ingin dipilih. Dalam hal ini bisa meminta bantuan kepada wali kelas atau guru – guru yang ada di sekolah, karena mereka lebih berpengalaman. Beritahu kepada mereka jurusan apa yang ingin diambil, minta saran universitas mana yang terbaik untuk itu.

Urutkan dari yang tidak diprioritaskan ke yang diprioritaskan! Karena jika tidak lolos pada pilihan pertama, kamu bisa tidak lolos juga di pilihan kedua, jadi jangan terbalik!

5.Ulangi Setiap Materi

Ulangilah setiap materi yang sudah dipelajari di sekolah, karena dengan mengulan kamu bisa menjadi lebih memahami materi. Jangan buang semua catatan, karena biasanya materi SBMPTN diambil dari materi di sekolah.

6.Latihan Soal

Latih kemampuan kamu untuk terus memahami berbagai jenis soal. Jangan sampai hanya karena berbeda jenis soal, kamu sudah pusing untuk menjawabnya. Selain itu bisa juga mencoba menjawab soal – soal yang ada di Internet.

Pahami konsepnya dan jangan berharap pada rumus cepat, karena cara penyelesaiaan pada soal SBMPTN akan berbeda dengan yang biasa kamu temui.

7.Kenali Gaya Belajar

Setiap orang ada cara belajarnya sendiri – sendiri, ada yang lebih suka belajar bersama, ada yang lebih suka sendiri. Jika kamu merasa lebih efektif dalam belajar bersama, cobalah ajak teman – teman untuk belajar bersama denganmu. Hindari kegiatan yang tidak diperlukan, seperti mengobrol terlalu lama yang menyebabkan proses belajar terganggu.

8.Perluas Wawasan

Perluaslah wawasan dalam dunia kampus, jurusan, atau materinya. Selalu cari informasi dari beragam sumber dan konsultasikan pada yang lebih memahaminya. Ini akan membantu kamu menjadi lebih tahu tentang dunia kampus, sehingga saat lolos universitas yang diinginkan nantinya tidak berpikir kamu salah jurusan lalu kembali mengikuti SBMPTN.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat hendak mengikuti SBMPTN, semoga berhasil!

By author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *