Jika kamu mengunjungi Universitas Indonesia, kamu akan melihat bangunan ikonic, yaitu gedung Rektorat dan Balairung UI. Mungkin kamu belum tahu bahwa Universitas Indonesia merupakan Universitas pertama yang ada di Indonesia.

Saat negara kita dijajah oleh kolonial Hindia Timur Belanda, mereka membangun School of Medicine for Javanese pada 1849. Tujuan dari pembangunan ini adalah untuk menjadi tempat penghasil asisten dokter. Lalu pada tahun 1898 dibangun sekolah yang bernama STOVIA, atau School tot Opleiding van Indische Artsen. Jika diibaratkan, STOVIA ini seperti sekolah SMP, SMA, dan Kuliah. Kini gedung tersebut menjadi gedung Fakultas Kedokteran UI.

Pada tahun 1924, pemerintah kolonial Belanda mendirikan RHS, sebuah Sekolah Badan Hukum Indonesia. RHS ini menjadi cikal bakal Fakultas Hukum UI.

Lalu dari masa ke masa STOVIA terus bergantu nama. Hingga pada 1950, UI mendapat izin untuk melakukan kegiatan dan  pada 2 Februari 1950 ditetapkan menjadi Dies Natalis Universiteit Indonesia (Pada tahun 1954 diubah menjadi ‘Universitas’).

Berikut ini adalah informasi mengenai fakultas yang terdapat di UI secara ringkas.

A.Rumpun Ilmu Kesehatan

1.Fakultas Kedokteran UI

Sistem yang ada di sini, mata kuliahnya pakean. Jadi setiap semester kamu tidak dapat memilih mata kuliah apa yang ingin diambil. Semua ada dalam satu paket semester. Selain itu jika merupakan anak FK, kamu akan menggunakan kemeja dan tidak boleh pakai kaos dan celana jeans.

2.Fakultas Kedokteran Gigi

Hampir sama dengan FK, di FKG juga setiap semester wajib mengambil paketan. Denger – denger nih katanya untuk lulus di FKG dapat lebih mudah diselesaikan dalam kurun waktu 3.5 tahun jika dibandingkan dengan fakultas lain. Mungkin ini tergantung  mahasiswanya juga kali, ya.

3.Fakultas Farmasi

Fakultas ini merpakan salah satu fakultas cukup baru di UI. Jurusan ini dapat dikatakan menjadi dalah satu jurusan dengan minat terbanyak di Indonesia. Jika kamu ingin mengambil farmasi, nanti lulus tidak akan selalu berurusan dengan obat, kok. Kamu juga bisa berkiprah di industri kosmetik dan juga makanan.

4.Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)

Untuk kamu yang memiliki minat untuk berkarir di dunia medis namun tidak tertarik menjadi dokter atau juga farmasis, kamu dapat memilih kuliah di FKM. Kamu akan mempelajari ilmu yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

5.Fakultas Ilmu Keperawatan

Di FIK kamu akan diajarkan bagaimana membantu pasien dan keluarganya dalam beradaptasi dengan penyakit. Menangani orang sakit itu tidak mudah, dan tidak boleh sembarangan. Nah, disitulah perawat akan turun tangan untuk membantu pasien dalam menghadapi penyakitnya.

B.Rumpun Sains Teknologi

1.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

FMIPA merupakan tempat yang cocok untuk kamu yang ingin menjadi seorang ilmuan dan ingin mengulik sedalam – dalamnya ilmu sains atau bahkan misteri alam.

2.Fakultas Teknik

Kamu akan merancang beragam hal sesuai dengan jurusan yang kamu pilih, seperti pada Teknik perkapalan, kamu akan merancang kapal, atau pada Teknologi Bioproses kamu belajar bagaimana merekayasa proses kimia dan juga menghasilkan produk kimia.

3.Fakultas ilmu Komputer

Kalau tertarik dengan membuat software komputer, FASILKOM ini cocok untuk kamu,

C.Rumpun Sosial Humainora

1.Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Ui telah melahirkan banyak advokat dan pengacara terkenal di Indonesia, kamu ingin menjadi salah satu diantara mereka?

2.Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Di FEB terkenal dengan kegiatan – kegiatan mereka yang dapat membantu softskill dan pengetahuan untuk dikembangkan ke dalam dunia bisnis.

3.Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Kalau tertarik dengan sastra, FIB adalah tempatnya.

4.Fakultas Psikologi

Sesuai dengan namnya, kamu akan mempelajari bagaimana perilaku seseorang dengan obsevasi, wawancara, atau dari test.

5.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Terdapat beberapa jurusan di FISIP, dan tentunya kamu akan belajar sesuai dengan jurusan tersebut. Misalnya di Kriminologi, belajar mengenai analisis kejahatan, atau Kesejahteraan Sosial yang membekali mahasiswa untuk membangun kesejahteraan masyarakat.

6.Fakultas Ilmu Administrasi (FIA)

Terakhir ada FIA, disini kamu akan mempelajari tentang beragam hal yang berhubungan dengan administrasi.

Tertarik masuk Universitas Indonesia?

By author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *