Institut Teknologi Bandung adalah sebuah perguruan tinggi teknik yang pertama di Indonesia. Kampus ini berdiri sejak tahun 1920 yang pada awalnya bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng. Di masa awal berdirinya, kampus ini menjadi saksi bisu perjuangan dari bangsa Indonesia. Seperti saat peralihan dibawah kuasa Belanda dan Jepang.

ITB sendiri berubah status menjadi perguruan tinggi sejak tahun 2012, sebelumnya merupakan perguruan tinggi badan hukum milik negara (BHMN).

Berikut ini adalah Fakultas yang ada di ITB

Fakultas di ITB

1.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Terdapat 4 Program studi, yaitu Matematika, Kimia, Fisika, dan Astronomi.Di FMIPA ini akan mempelajari tentang ilmu Matematika, Kimia, Fisika, dan Astronomi sedalam – dalamnya.

2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)

Ada 2 program di Fakultas ini, yaitu Sains dan Rekayasa. Untuk Program Sains terdiri dari Biologi dan Mikrobiologi. Bedanya adalah Biologi sering kuliah lapangan dan bisa menghabiskan waktu berbulan – bulan di tengah hutan untuk meneliti organisme tertentu. Sedangkan untuk mikrologi, mereka berkutat dengan sample serta mengambil kesimpulan dari hasil penelitiannya.

Sedangkan untuk program rekayasa, dibagi menjadi Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, dan Rekayasa Perhutanan.

3. Sekolah Farmasi (SF)

Di SF akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat obat – obatan dengan komposisi yang pas. Selain itu juga akan berkutat dengan bahan kimia dan uji sampel di laboratorium sampai mendapatkan estrak yang sangat pas.

4. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

Ada 4 prodi di fakultas FITB ini, yaitu Teknik Geologi, Teknik Geodesi & Geomatika, Meteorologi, dan Oseanografi. Disini akan mempelajari tentang bumi. Selain itu harus kuat fisik, karena kebanyakan akan langsung berhubungan dengan alam.

5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

Fakultas ini memiliki 4 prodi, yaitu Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, dan Teknik Metalurgi. Mungkin kamu sudah paham dengan 3 prodi lainnya, tapi apa itu Metalurgi? Nah, ini merupakan prodi yang akan mempelajari segala sesuatu tentang pengolahan logam, mineral, atau lebih tepatnya adalah mengolah mineral mentah menjadi bahan yang setengah jadi.

6. Fakultas Teknologi Industri (FTI)

Terdapat 4 Prodi di FTI, yaitu Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Fisika, dan Manajemen Rekayasa Industri. Penerapan dari ilmu ini sangatlah luas. Banyak juga tokoh penting di Indonesia yang berada pada fakultas ini, seperti Dirut Peramina yang beberapa tahun lalu mengundurkan diri, ibu Karen Agustiawan.

7. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

Fakultas ini terdiri dari Teknik Mesin, Aeronotika & Astrononika, juga Teknik Material. Terdapat banyak hal menarik dari fakultas ini, seperti kesolidan antara junior dan seniornya. Ketika para senior wisuda, juniornya dapat mengarak mereka.

8. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

5 Prodi yang ada di STEI adalah Teknik Elektro, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, serta5 Prodi y Sistem & Teknologi Informasi. Di sini kamu akan mempelajari tentang listrik dan beragam hal lainnya.

9. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)

Terdapat banyak prodi di FTSL ini, ada Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Kelautan, Infrastruktur Lingkungan serta Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air. Prodi di FTSL ini seperti Teknik Kelautan dan Teknik Elektro sudah mendapatkan akreditasi Internasional ABET.

10. Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan

Hanya terdapat 2 prodi di sini, yaitu Pengembangan Wilayah & Kota (dulu Teknik Planologi) dan Teknik Arsitektur. Alumni yang terkenal dari fakultas ini adalah Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat. Beliau juga dulu merupakan dosen di sini.

11. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Di SBM akan mempelajari tentang pengelolaan bisnis dan managemen resource. Selain itu juga ada teknik operasiona dan lain sebagainya.

12. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Bagi yang gemar gambar desain dan lainnya, bisa mencoba masuk ke sini. Ada 5 prodi di sini, yaitu Komunikasi Visual (DKV), Seni Rupa, Desain Produk, Kriya, dan Desain Interior.

By author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *