Lebih Mengetahui Tentang Fakultas Teknik di UGM

Lebih Mengetahui Tentang Fakultas Teknik di UGM

Kamu sedang bingung untuk melanjutkan study kemana? Pernah berpikir untuk melanjutkan ke teknik? Atau masih ragu dengan pilihan jurusan dan universitasnya? Pernah berpikir untuk mencoba UGM?

UGM merupakan salah satu universitas yang berlokasi di Yogyakarta. Lalu apa yang membuat nama UGM sering disebut menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia? Bisa kamu lihat dari hasil lulusan UGM, seperti Presiden kita, Joko Widodo yang merupakan alumni dari Fakultas Kehutanan, lalu ada Anies Baswedan dan Boediono yang merupakan alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Masih banyak lagi orang hebat di Indonesia yang merupakan alumni dari UGM.

Selain itu bagaimana dengan peringkat Universitas UGM? UI, ITB, dan UGM sering kali bergantian menjadi universitas terbaik nomor 1 di Indonesia.

Kali ini kami akan membahan mengenai salah satu fakultas yang paling diminati di UGM, yaitu Fakultas Teknik UGM.

Fakultas Teknik UGM

1.Jurusan Arsitektur dan Perencanaan

Arsitektur merupakan salah satu jurusan yang paling mengarah kepada Seni di Teknik. Sesuai dengan namanya, jurusan ini memiliki 2 program studi. Yaitu Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota (PWK). Jika Arsitektur, maka akan berhubungan dengan merancang bangunan, gedung, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk PWK lingkupnya menjadi lebih luas, seperti merancang real-estate, kota, atau wilayahnya.

2.Jurusan Teknik Kimia

Jurusan ini merupakan jurusan teknik di UGM yang pertama kali menerima akreditasi dari Institution of Chemical Engineering, sebuah lembaga akreditasi untuk teknik kimia yang berpusat di London. Teknik Kimia ini sering kali dibuat bingung dengan Kimia Murni dan Teknik Kimia. Jika kimia Murni lebih memfokuskan kepada menemukan sesuatu yang baru, berbeda dengan Teknik Kimia.

Pada jurusan ini, fokusnya adalah untuk memanfaatkan material baru tersebut atau lebih mengefisienkan pemrosesan dari sesuatu.

3.Jurusan Teknik Fisika dan Nuklir

Teknik Fisika merupakan cabang ilmu yang menjembatani fisika murni dan teknik. Pada Fisika murni, akan lebih mempelajari tentang konsep, sedangkan jika Teknik Fisika akan lebih mengarah kepada aplikatif. Teknik Fisika di UGM akan lebih belajar mengenai kontrol, sensor, dan otomasi.

Untuk Nuklir, akan berfokus kepada reaksi nuklir dan radiasi. Di Indonesia pendidikan teknik nuklir hanya terdapat di UGM saja.

4.Jurusan Teknik elektreo dan Teknologi Informasi

Terdapat 2 prodi yang ada di jurusan ini, yaitu Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Untuk Prodi yang Elektro, ada 2 konsentrasi yang dipilih saat semester 4, yaitu arus kuat dan arus lemah. Pada arus kuat, lebih berfokus kepada transmisi dan juga distribusi listrik. Sedangkan untuk yang lemah, akan terbagi menjadi elektronika, kontrol, telekomunikasi dan pengolahan isyarat.

Sedangkan untuk teknologi informasi, konsentrasinya ditentukan dengan mata kuliah pilihan yang diambil.

5.Jurusan Teknik Geologi

Jika tertarik masuk jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang bumi. Seperti beragam jenis batuan di Bumi, lipatan Bumi, sampai ke fosil untuk bisa menentukan suatu wilayah itu mengandung potensi sumber daya apa. Oleh karena itu jurusan ini sangat lekat dengan minyak dan pertambangan, sebabnya prospek kerja di jurusan Teknik Geologi ini memiliki gengsi yang tinggi.

6.Jursan Teknik Mesin dan Industri

Teknik Mesin merupakan jurusan yang akan mempelajari jauh lebih dalam mengenai konsep matematika dan fisika, yang berkaitan dengan permesinan. Bukan hanya diajarkan pada sisi teknis, juga melainkan bagaimana bisa membuat segala sesuatu dengan lebih efisien dari beragam segi.

7.Jurusan Teknik Sipil

Jika di UGM, kamu akan dengan mudah menemukan anak sipil. Mereka biasanya sibuk melakukan pengukuran atau gambar – gambar sambil membawa tabung besar mereka. Jurusan ini memfokuskan kepada perencaaan pembangunannya, seperti apa bahan yang dibutuhkan, harga, cara konstruksi, dan masih banyak lainnya.

8.Jurusan Teknik Geodesi

Terakhir adalah Teknik Geodesi. Biasanya anak Teknik geodesi akan membawa Theodolite yang merupakan alat mengukur sudut pada bidang horizontal dan bidang vertical yang nantinya data yang didapatkan akan digunakan untuk membuat peta.

Itulah jurusan yang ada di Fakultas Teknik UGM, tertarik mencoba mendaftar ke sana?

By author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *