Kampus Jurusan Farmasi Terbaik

Setiap tahun semakin banyak yang tertarik untuk menekuni bidang kesehatan. Bukan hanya kedokteran saja, karena banyak jurusan lain yang juga berfokus pada kesehatan, Farmasi adalah salah satunya.

Nah, untuk kamu yang ingin menekuni bidang kesehatan tetapi tidak mau terlibat menjadi dokter atau perawatnya. Kini sudah sangat banyak jurusan farmasi yang ada di Indonesia.

Ini adalah beberapa Universitas dengan jurusan Farmasi terbaik yang bisa kamu tuju.

Universitas dengan jurusan Farmasi Terbaik

1.Institut Teknologi Bandung – ITB

Institut Teknologi Bandung memiliki jurusan Farmasi yang sudah berdiri sejak 6 Oktober 1947. Dulunya nama sekolah ini adalah Departemen Farmasi. Di Sekolah farmasi ini memiliki 2 jurusan, yaitu Sains dan Teknologi Farmasi lalu ada juga farmasi Klinik dan Komunitas.

Setiap tahunnya ITB hanya menerima setidaknya 60 orang mahasiswa saja, jadi persaingan untuk bisa memasuki jurusan ini di ITB memang sangatlah ketat.

2. Universitas Gajah Mada – UGM

Di Universitas Gajah Mada UGM, mereka sudah mulai mendirikan Fakultas Farmasi di tanggal 27 Septermber 1946 oleh Kementrian Kesehatan RI. Ini merupakan salah satu kampus yang terakreditasi A oleh BAN-PT.

Fakultas ini didukung dengan adanya 27 laboratorium dengan skala internasional. Awalnya UGM ada 4 peminatan, tetapi kini sistemnya sudah diubah menjadi 4 mata kuliah.

3. Universitas Indonesia – UI

Universitas Indonesia yang merupakan salah satu Universitas terbaik dan tertua di Indonesia juga memiliki jurusan Farmasi yang berdiri sejak tahun 1965.

Karena itu jurusan ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Kalau ingin melanjutkan pendidikan dengan mengambil jurusan farmasi, tidak ada salahnya untuk mencoba masuk pada Universitas ini.

4. Universitas Padjajaran – Unpad

Unpad sudah memiliki jurusan farmasi sejak tanggal 19 Februari 1959 dan jurusan ini berada pada Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam. Tetapi di tanggal 17 Oktober 2006 jurusan ini sekarang berubah menjadi Fakultas dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

5. Universitas Airlangga – Unair

Nama Unair sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Universitas ini pun tidak kalah, mereka juga memiliki prodi farmasi yang juga terbaik di Indonesia. Akreditasi yang dimiliki oleh Farmasi Unari sendiri sudah A dari BAN-PT untuk prodi kesehatannya.

6. Universitas Andalas – Unand

Jika kamu berada di Sumatera Barat, tidak ada salahnya untuk coba mendaftarkan diri ke Universitas Andalas. Ini adalah salah satu universitas favorit masyarakat Padang dan sekitarnya.

Di sini ada 5 jurusan favorit dan salah satunya merupakan jurusan Farmasi.

Selain memiliki akreditasi A, visi dan misi dari Unand pun menarik, di mana mereka ingin menjadi Prodi Farmasi terkemuka baik secara nasional atau secara Internasional.

7. Universitas Surabaya – Ubaya

Terakhir yang kami rekomendasikan ada Universitas Swasta, yaitu Universitas Surabaya. Fakultas Farmasi yang ada di Ubaya sudah didirikan sejak tahun 1963 dan sudah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT.

Mereka pun memiliki mutu terdepan dan juga memiliki misi untuk menjadi Fakultas dengan edukasi terbaik. Standar dari universitas ini juga sudah berorientasi kepada standar WHO atau World Health Organization.

Itulah beberapa rekomendasi universitas dengan jurusan farmasi terbaik yang ada di Indonesia. Semuanya sudah terakreditasi baik dari Badan Nasional Akreditasi Perguruan Tinggi, jadi jangan ragu untuk mendaftarkan diri kamu di universitas tersebut.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *