Bagaimana sih, Kuliah Jurusan Arsitektur di Indonesia?

Arsitektur, ilmu yang mempelajari tentang cara untuk merancang bangunan. Banyak ahli yang saat ini semakin memperluas definisi itu menjadi lebih ke lingkungan binaan. Jadi selain merancang bangunan, juga melakukan perancangan berbagai lingkungan binaan, seperti misalnya ruang terbuka, lanskap, dan bahkan perancangan fisik kota.

Lalu apa itu jurusan Arsitektur?

Jika dilihat secara umum, Arsitektur masuk pada disiplin teknik. Namun, tidak sepenuhnya pada arsitektur mempelajari perilah aspek keteknikan pada suatu bangunan, tapi juga dari aspek seni atau estetika yang ada pada bangunan itu.

Sejak jaman kolonial Belanda, disiplin ilmu arsitektur sudah mulai berkembang. Banyak bangunan dengan ciri khas kolonial Belanda di negara kita ini, namun tentunya dilakukan adaptasi dengan iklim tropis di Indonesia.

Kini, para lulusan jurusan arsitektur sudah diakui di Indonesia dan bekerja pada beragam bidang, seperti di pemerintah, BUMN, dan juga Swasta. Banyak juga di antara mereka yang merancang bangunan pribadi, atau bahkan membuka biro arsitekturnya sendiri.

Terdapat karakter yang sesuai untuk jurusan arsitektur, misalnya Anda merupakan pribadi yang kreatif dan imajinatif. Tentunya ini sangat dibutuhkan untuk membantu Anda membuat sebuah karya yang orisinal.

Selain itu berada pada bidang ini dituntut untuk Sabat dan bisa memperhatikan detail dengan baik. Itu karena banyak tekanan yang bisa didapatkan dari bidang ini, sabar adalah kunci menyelesaikan segala masalah tersebut. Dituntut juga untuk bisa bekerja secara individu atau pun dalam kelompok.

Jika ingin studi arsitektur, itu merupakan pilihan yang cukup tepat. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa jurusan Arsitektur adalah pilihan yang tepat, khususnya berkuliah arsitektur di Indonesia.

Alasan Kuliah Arsitektur di Indonesia

1.Latar Belakangnya Bersejarah dan Multikultural

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku dan etnis, selain itu negara kita memiliki sejarah kolonial. Latar belakang budaya yang kuat ini bisa mempengaruhi karakteristik untuk bangunan dan lingkungan binaan yang umumnya berada di Indonesia.

Mempelajari arsitektur nantinya tidak akan bisa terlepas dari karakteristik budaya yang ada di Indonesia, bahkan juga sejarahnya. Karena latar yang beragam inilah membuat berkuliah arsitektur di Indonesia memiliki keunggulannya tersendiri.

2. Banyak Rancangan dengan Penghargaan Internasional

Sudah banyak penghargaan Internasional yang di dapatkan oleh Indonesia, bahkan penghargaan internasional. Salah satu karya terkenal yang menjadi contoh adalah The Interlace, sebuah apartemen yang berhasil mendapatkan beragam penghargaan bergengsi.

Jika berkuliah di Indonesia, maka akan memiliki kesempatan untuk bisa mempelajari bangunan-bangunan tersebut.

3. Memiliki Banyak Sektor Pekerjaan

Penghasilan yang bisa didapatkan oleh para lulusan jurusan Arsitektur bisa lebih tinggi dibandingkan mereka yang bekerja di kantor. Ini karena sangat banyak sektor pekerjaan yang membutuhkan jurusan arsitektur. Bahkan jika merasa tidak cocok untuk bekerja di sebuah instansi, bisa mencoba melakukannya secara individu atau bahkan membangun biro arsitektur sendiri.

4. Mempelajari beragam Hal unik

Ada beragam hal mengenai perancangan yang bisa dipelajari, umumnya mata kuliah yang diambil didominasi oleh studio perancangan arsitektur. Berikut adalah contoh mata kuliah yang bisa ditemukan :

Tahun pertama:

  • Perancangan Arsitektur
  • Prinsip Struktur
  • Sejarah dan Teori Arsitektur Barat

Tahun kedua – akhir:

  • Perancangan Arsitektur (Lanjutan)
  • Tektonik Arsitektural
  • Sejarah dan Teori Arsitektur Asia Tenggara
  • Komputasi Keruangan
  • Strategi untuk Arsitektur Berkelanjutan
  • Urbanisme
  • Sistem Lingkungan dan Konstruksi

Jadi, apakah tertarik untuk masuk ke jurusan Arsitektur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *